Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Bandung

Bicara mengenai makanan khas Nusantara memang tak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki makanan khasnya masing-masing. Bukan hanya cita rasanya yang lezat, keunikan makanan tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Salah satu makanan khas Nusantara yang sedang naik daun adalah makanan tradisional khas dari Kota Bandung. Apa saja ya kira-kira nama makanan khas Indonesia bagian barat ini? dan apa saja keunikan yang dimilikinya? Mari simak bersama!

Rekomendasi Makanan Tradisional Khas Bandung yang Sedapnya Tidak Tanggung-Tanggung!

Makanan Khas Bandung

  • Nasi Liwet Bandung

Hmmm, mendengar nama makanan khas Indonesia yang satu ini pastinya sudah membuat perut kita keroncongan, ya? Terbayang bagaimana gurihnya nasi bercampur dengan bumbu dan rempah-rempah dan bahan pelengkap lain seperti ikan teri atau ikan peda di dalamnya. Siapa pun pasti tak sabar untuk segera mencicipinya, bukan?

Usut punya usut makanan tradisional yang satu ini memiliki sejarah yang cukup unik. Keunikan makanan tradisional ini memang terletak pada cara memasaknya di mana beras dicampur menjadi satu bersama bumbu beserta lauk pelengkapnya. Dahulu sejarah nasi liwet ini berasal dari daerah perkebunan di Jawa barat di mana saat itu pekerja perkebunan berusaha melakukan penghematan. Jadi, mereka memiliki kebiasaan membawa bekal nasi liwet.

Nasi yang diliwet bersama bumbu dan lauknya di dalam panci atau ketel akan lebih tahan lama dan juga lebih hemat. Seiring berjalannya waktu nasi liwet menjadi salah satu makanan tradisional khas Bandung yang makin digemari dan telah dimodifikasi dengan berbagai lauk pelengkap yang menambah kelezatannya.

Selain bisa menikmati nasi liwet khas Bandung di restoran atau rumah makan, bagi Anda yang ingin mencoba kelezatan makanan tradisional ini pun bisa mencoba untuk memasaknya sendiri di rumah, karena nasi liwet ini merupakan makanan tradisional yang mudah dibuat. Bahan-bahan dan cara pembuatannya pun sangat sederhana.

Beras yang telah dicuci bersih cukup dicampur dan dimasak bersama dengan bumbu dan bahan pelengkap seperti garam, irisan bawang merah dan bawang putih, cabai, daun salam, sereh, Ikan asin atau teri dan sedikit minyak sayur. Semua dimasak di dalam ketel atau panci hingga matang dan siap untuk disantap.

  • Combro

Makanan tradisional khas Nusantara yang satu ini sangat mudah Anda temukan di penjaja kaki lima karena makanan khas Kota Bandung ini termasuk dalam kategori jajanan. Keunikan makanan tradisional ini terletak dari nama dan rasanya. Mendengar nama makanan khas Indonesia ini pasti Anda bertanya-tanya tentang arti dari nama makanan tradisional ini. Makanan khas Nusantara ini dinamai combro yang memiliki makna tersendiri.

Combro merupakan singkatan dari Oncom di Jero. Jero yang berasal dari bahasa Sunda artinya dalam. Jadi jika diartikan ke dalam bahasa indonesia menjadi oncom di dalam.
Proses pembuatan combro sendiri yaitu dengan memasukan tumisan oncom ke dalam singkong parut yang juga telah dibumbui yang telah di bentuk bulat atau lonjong. kemudian nantinya adonan tersebut digoreng sampai kuning kecoklatan.

Tekstur singkong yang renyah di luar dan lembut di dalam berpadu dengan oncom yang telah ditumis dengan bumbu pastinya akan membuat Anda ketagihan dengan jajanan yang satu ini. Bukan hanya cita rasanya yang unik, combro juga merupakan makanan tradisional yang mudah dibuat di rumah. Parutlah singkong yang telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian tambahkan garam dan gula secukupnya serta parutan kelapa muda untuk memberi cita rasa gurih dan sedap.

Selanjutnya, haluskan oncom lalu di tumis bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, garam, gula, cabai rawit dan sedikit penyedap rasa, tambahkan juga irisan daun bawang dan seledri secukupnya . Bagi adonan singkong dan bulatkan kecil-kecil. Ambil satu Bagian oncom, isikan sedikit tumisan oncom lalu bentuk adonan singkong menjadi bulat atau lonjong. Setelah proses pengisian selesai. Goreng combro tersebut kedalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Makanan tradisional nan sedap ini pun siap untuk dinikmati bersama keluarga.

Itulah rekomendasi makanan tradisional khas Bandung yang bisa menambah wawasan kuliner Anda. Memang tak dapat dipungkiri makanan tradisional tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Selain lezat, kedua Makanan tradisional yang mudah dibuat tersebut bisa menambah varian menu harian Anda, bukan?

Jadi bagi yang belum pernah mencoba makanan tradisional khas Kota Bandung ini, segera cicipi kelezatannya di restoran atau penjaja makanan terdekat atau Bisa memasaknya sendiri di rumah! Selamat mencoba!